Review: Electro-Harmonix Deluxe Big Muff Pi

Review: Electro-Harmonix Deluxe Big Muff Pi – Bagi banyak gitaris, hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika mereka mendengar istilah “kotak fuzz” adalah Big Muff Pi dari Electro-Harmonix. Dengan baru Deluxe Big Muff Pi, perusahaan telah menambahkan beberapa fitur tambahan keren untuk pedal fuzz klasik. The Electro-Harmonix Deluxe Big Muff Pi adalah versi yang disempurnakan dari yang ada saat ini tersedia. Dengan menawarkan sirkuit yang sama dan kontrol (Volume, Tone dan Sustain) tetapi menambahkan empat tombol kontrol tambahan, dua switch toggle, pedal kaki kedua dan jack input untuk ekspresi pedal.

Unit baru ini juga terlihat berbeda, dengan orientasi horizontal daripada vertikal dari model standar, dan memiliki warna hitam, bukan latar belakang perak. Dua dari tombol-tombol baru, satu switch toggle, satu footswitches dan Input ekspresi-pedal adalah bagian dari fitur baru yang paling signifikan, sebuah section mid-range dapat disesuaikan disebut MIDS EQ. Hal ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan atau memotong midrange pada frekuensi pengguna yang dapat disesuaikan antara 310Hz dan 5kHz, memberikan Anda banyak tambahan pilihan tone-shaping. Kontrol Tingkat netral pada arah pukul 12, dan posisi yang detented, yang membuatnya mudah untuk ditemukan. Pemutar tombol ke kiri, memotong midrange dan memutarnya ke kanan meningkatkan itu.

Toggle switch di sebelah tombol tersebut adalah dua posisi Q selector. Posisi tinggi menentukan bandwidth pertengahan frekuensi yang dipilih ke pengaturan yang lebih sempit dan posisi rendah ke yang lebih luas. Seluruh bagian MIDS EQ dapat diaktifkan dan dinonaktifkan dengan footswitch MIDS, yang berada di sebelah kiri bawah pedal, di sisi berlawanan dari switch, itu yang menempatkan unit ke mode True Bypass. MIDS EQ dapat mengubah suara Anda cukup drastis. Anda dapat meraup midrange atau mendongkrak itu. Ketika digunakan bersama dengan tombol Tone, Anda memiliki kontrol  sonic lebih.

Fitur baru favorit saya adalah input pedal ekspresi, yang memungkinkan Anda plug-in ekspresi pedal standar (tidak termasuk, saya menggunakan Boss EV-5) ke input EXP di sisi kanan, dan menggunakan pedal untuk sweep midrange. Dengan kombinasi yang tepat dari pengaturan, dan menekan pedal akan memberikan suara fuzz wah. Saya menemukan pengaturan terbaik untuk itu adalah dengan tombol Frekuensi sekitar arah pukul 01:00 dan tombol level (boost / cut) pada sekitar arah pukul 02:00.

Anda juga dapat membuat efek filter-sweep dengan meningkatkan mid atas dan menggerakkan pedal dalam satu arah atau yang lain. Salah satu tone shaping opsi tambahan, yang terpisah dari bagian MIDS EQ, adalah Bass Boost switch, yang menyediakan ujung bawah beefier ketika dihidupkan. Saya mencoba di dua ampli yang berbeda, Orange Crush 35LDX dengan 10” speaker, dan Fender Blackface Twin reissue dengan 12” speakers, dan, tidak mengherankan boost itu jauh lebih terlihat pada speaker yang lebih besar, di mana itu benar-benar menambahkan beberapa lows yang serius.

Menurut review dari para pengguna, Efek ini memiliki beberapa nilai positif seperti:

  • Menghasilkan fuzz tone dan sustain yang sama dengan standard Big Muff Pi
  • Kontrol MIDS EQ menyediakan berbagai nada
  • MIDS section memiliki saklar Bypass sendiri
  • Global True Bypass
  • Input ekspresi pedal memungkinkan Anda menambahkan pedal dan mendapatkan fuzz wah dan filter efek sweeping
  • Memiliki Noise Gate untuk mengendalikan dengungan

Namun ada beberapa keluhan dari beberapa pengguna seperti:

  • Suara Attack control bisa menambah harshness
  • Penutup batrai memilki 4 sekrup jika mau dilepas sehingga kurang efektif
  • Waktu pelepasan Noise gate terlalu pendek, sehingga menyebabkan cutoff tiba-tiba

Oke cukup sekian review dari kami. Semoga artikel Review: Electro-Harmonix Deluxe Big Muff Pi ini bermanfaat. Keep on Rock!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *