Mengenal Tremolo Terbaik untuk Gitar

Bukan hanya menjadi suatu aksesori sederhana, vibrato telah menjadi elemen penting dalam gaya bermain untuk kebanyakan gitaris. Baik itu untuk modulasi halus dengan suara bersih atau bom yang menukik dengan distorsi yang tebal, para pengguna tremolo bar sering mencari jenis vibratos tertentu. Menurut jajak pendapat kami, kebanyakan orang tampaknya lebih memilih salah satu dari dua jenis vibratos yang sangat berbeda yaitu Bigsby Vibrato dan Floyd Rose.

Bigsby Vibrato

Bigsby tailpiece adalah salah satu vibratos pertama yang telah meraih sukses dalam dunia pergitaran, kembali pada tahun 1950-an. Awalnya, Paul Bigsby bertekad untuk meningkatkan Merle Travis ‘Kauffman Vibrola. Tapi mengingat betapa sulitnya membuktikan untuk menjaga gitar di lagu, ia memutuskan untuk menciptakan sebuah sistem baru dari awal. Pengoperasiannya pun sangat sederhana: lengan pegas berputar bar silinder di tailpiece ke mana senar yang melekat. Dengan demikian Anda dapat memvariasikan ketegangan string untuk menciptakan vibrato dan variasi dua semitone atas dan bawah pitch lainnya.

Meskipun Bigsby tidak terkenal karena mampu menahan nada, namun dengan tampilan yang “vintage”  dan efektivitas halus membuatnya menjadi primadona sampai saat ini. Banyak model gitar dari berbagai merek terkenal seperti Epiphone, Fender, Gibson, Gretsch, dan Guild memiliki fitur Bigsby.

Floyd Rose Locking Tremolo

Seperti Bigsby, Floyd Rose berada di atas semua kisah seorang pria yang terkesan dengan cara Jimi Hendrix dan Ritchie Blackmore bereksperimen dengan tremolos Stratocaster mereka, gitaris muda Floyd D. Rose  bosan dengan detuning yang  dihasilkan oleh praktek-praktek tersebut. Setelah menganalisa sistem, Rose menyadari bahwa memblok string di mur mungkin membantu untuk terus selaras. Setelah tes pertama dengan superglue, ia menempatkan dirinya pada tugas mengembangkan mur pengunci yang terkenal. Masuk ke dalam Floyd Rose locking tremolo. Tak lama kemudian, legenda seperti Eddie Van Halen memegang penemuan ini.

Ini sebenarnya dikabarkan bahwa Van Halen bahkan membantu menyempurnakan Floyd Rose dengan mengambil bagian dalam desain Fine Tuner, sekrup kecil yang memungkinkan Anda untuk menyetel gitar dari bridge. Saat ini, Floyd Rose menguasai dunia dan itu adalah simbol yang membedakan dari Heavy Metal dan genre ekstrim lainnya. Selain dua tremolo diatas anda juga type tremolo seperti Ball bearing, two-point floating, dan Jazzmaster atau Jaguar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *