Aksesoris Biola Dan Fungsinya

Aksesoris Biola Dan Fungsinya

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Sebuah nama yang lazim dipakai untuk biola ialah fiddle, dan biola seringkali disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional.

Sebuah biola dibagi menjadi beberapa bagian; badan biola, leher biola, jembatan biola, papan jari, senar, dan beberapa macam perangkat pembantu. Jika anda seorang pemula yang ingin mengetahui tentang aksesoris pada biola untuk menunjang performa musikalitas anda saat memainkannya, maka artikel ini wajib anda baca. Berikut Aksesoris Biola Dan Fungsinya:

Rosin PicturesSumber gambar dari withfriendship.com

Rosin

Tanpa rosin busur Anda tidak akan bekerja. Ini membantu untuk menciptakan gesekan antara horsehair dan string yang, pada gilirannya, menyebabkan getaran.Intinya Rosin berfungsi untuk membuat hairbow menjadi lebih kesat dan “menggigit” terhadap gesekan senar dengan cara menggesekkannya ke hairbow. Ada sejumlah pilihan untuk memilih rosin, berikut beberapa jenis rosin:

  • “Light” rosin memiliki warna oranye dan disukai oleh sebagian besar pemain biola.
  • “Dark” rosin memiliki warna giok dan cenderung disukai oleh violists dan pemain cello. Dark rosin ini lebih lengket daripada rosin light, sehingga biasanya merupkan pilihan yang lebih baik dalam lingkungan yang gersang.
  • The Hill (1185/1190) dan Bernadel (1197) rosins cenderung menjadi pilihan yang populer untuk pemain rata-rata.
Shoulder RestSumber gambar dari ombmusic.co.uk

Shoulder Rest

Mayoritas pemain biola menggunakan Shoulder Rest untuk membantu menjaga instrumen di tempat sementara mereka bermain. Alat ini berfungsi untuk mempernyaman pemain menahan biola di bagian bahu badan. Berikut beberapa contoh shoulder rest yang bisa dijadikan referensi:

  • Jika pemula sedikit yang menggunakan biola berukuran lebih kecil dari fraksional ½, spons shoulder Zaret (1399) mungkin akan bekerja dengan baik. Ini hanyalah sepotong spons yang dipotong agar sesuai dengan bahu; itu menempel pada instrumen dengan karet gelang disertakan.
  • Kun rest (1313) adalah shoulder rest yang paling populer. Dari kebanyakan shoulder rest ini adalah yang paling dapat disesuaikan dan cenderung bekerja dengan baik dengan sebagian besar bentuk shoulder. Hal ini juga hadir dalam versi collapsible (1313C) yang kakinya dapat dilipat sehingga bisa masuk ke dalam kompartemen kotak kecil.
  • Jika anda tidak cocok menggunakan Kun rest, dan anda memiliki leher yang panjang anda bisa mencoba Wolf shoulder rest. Hal ini lebih tinggi dari Kun dan datang dalam dua model; Forte Primo (1443).
Tourte Violin MuteSumber gambar dari fiddlershop.com

Peredam suara

Piranti ini dapat berupa jepitan seperti penjepit baju dari plastik maupun sebuah pengganjal dari karet atau besi. Sebuah peredam suara dapat dipasangkan pada bridge biola untuk menghasilkan nada yang lebih pelan. Alat ini anda butuhkan jika Anda bermain atau berencana untuk bermain di orkestra. Model yang paling populer adalah Tourte mute (1305). Ia dapat tetap pada instrumen Anda ketika Anda tidak menggunakannya dan dapat dengan mudah digunakan ketika diminta.

Digitech Bad MonkeySumber gambar dari christiankofod.com

Pedal Efek

Jika anda menggunakan biola electric maka anda dapat menggunakan efek suara. Beberapa efek pedal untuk gitar bahkan bisa digunakan untuk biola tapi tidak semua efek gitar bekerja dengan baik pada biola. Beberapa jenis efek yang cocok untuk biola adalah

  • Delay/echo effects terutama analogue/tape delay. Ini menambahkan sangat manis, efek mempertahankan nada ketika permainan legato serta efek echo yang lebih diharapkan saat bermain pizz atau dengan klik bow awal yang berat.
  • Pitch shifter. Jenis efek ini menambahkan cara mudah untuk mendapatkan beberapa harmoni dasar ke jalur lead.
  • Wah pedal bekerja sangat baik, tetapi mereka terdengar cukup twee jika sering digunakan. Auto-Wah pedal bisa dibilang bekerja lebih baik dengan biola daripada gitar karena Anda dapat memainkan efek wah dengan menggunakan tekanan bow.
  • Distorsi dapat bekerja dengan baik dengan biola. Umumnya overdrive, jenis distorsi yang bekerja lebih baik daripada pedal fuzz.
ktm50Sumber gambar dari blog.sharmusic.com

Metronome/ Tuner

Metronome adalah sejenis alat untuk menyamakan tempo lagu dalam bermain musik. Jika Anda mendapatkan metronom dengan built-in tuner maka Anda akan memiliki perangkat yang membantu Anda bermain di tempo dan penyelaras!

Semoga artikel “Aksesoris Biola Dan Fungsinya” bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *