Spesifikasi Dan Fungsi Penggunaan ZVex Inventobox Pedal

Spesifikasi Dan Fungsi Penggunaan ZVex Inventobox Pedal

Untuk pemain yang belum pernah berkelana ke ranah konstruksi peralatan DIY (Do it Yourself), tidak ada kurva belajar tertentu. Agar benar-benar mahir, Anda harus belajar bagaimana setiap komponen bekerja baik dengan sendirinya dan dalam kombinasi dengan yang lain. Kebanyakan gitaris tidak memiliki kesabaran untuk itu. Dan banyak orang yang membuka pedal dan mengubah atau membangun pedal mereka sendiri, mereka melakukannya hanya karena ingin membangun atau ingin mendapatkan nada yang mereka butuhkan karena tidak memiliki banyak uang untuk membeli peralatan yang memadahi. Tentu saja, ada juga sensasi mengubah beberapa komponen dan menyadari bahwa pedal Anda terdengar bahkan lebih luar biasa dari sebelumnya. Sensasi itulah yang membuat komunitas DIY hidup-dan itulah tujuan dari Z. Vex Inventobox.

Sulit untuk mengetahui harus mulai dari mana ketika menggambarkan Inventobox, karena ada begitu banyak fitur dan kemungkinan anda akan merasa pusing membaca penjelasan dari say. ­čÖé Singkatnya, pedal ini memiliki dua saluran dan sekelompok kontrol yang dapat ditugaskan untuk bekerja dengan tiga efek intern modules, satu yang menawarkan nada dari Z. Vex Super Hard-On booster, dan menyajikan suara Fuzz Factory yang terkenal dan nada susunan Marshall disuarakan dengan tiga Band EQ dalam banyak cara. Tapi itu hanya awal. Anda juga dapat dengan cepat dan mudah memodifikasi sirkuit modul yang disertakan dengan komponen elektronik individu untuk men-tweak kemungkinan tone yang hampir di luar imajinasi.

Inventobox dari Zvex adalah perangkat kecil yang menarik yang sangat berbeda dari mayoritas pedal multi-efek. Ia tidak memiliki preset nada digital dan tidak memberikan Anda kemampuan untuk membolak-balik massive library tone. Namun demikian, tidak ada efek gitar pedal lain di pasaran yang memiliki potensi yang sama untuk memproduksi beragam nada yang menarik. Seperti namanya tersebut Inventobox sepenuhnya guttable dan dapat dikustomisasi. Ada dua footswitches, toggle channel dan 16 parameter tombol-tombol yang dapat Anda tetapkan dan memanipulasinya. Kasus ini mendukung dua saluran yang terpisah, sehingga Anda bisa menampung dua efek kustom yang berbeda dalam kotak yang sama, untuk sedikit ditambahkan fleksibilitas. Untuk merancang nada Anda sendiri, Anda harus membukanya dan melakukan sedikit membangun rangkaian, namun hasil akhirnya akan menjadi sesuatu yang unik.

ZVex InventoboxSumber gambar dari guitar-pedals-review.toptenreviews.com

Katakanlah Anda tidak memiliki solder besi (atau Anda tidak berani menggunakannya jika Anda melakukannya) – tidak apa-apa. The Inventobox ini dapat diakses bahkan jika Anda bukan seorang penggemar berat elektronik. Unit ini memiliki┬ábreadboard kecil, yang dapat disesuaikan dan tanpa disolder. Cukup tekan elemen ke dalam lubang kecil pada breadboard dalam format yang benar untuk membangun sebuah sirkuit yang dapat dikustomisasi. Jika tidak bekerja sebagaimana mestinya atau suara buruk, gantilah dengan yang lain.┬áInventobox dirancang untuk menjadi tangguh terhadap komponen yang sedikit salah arah.┬á Jika Anda seorang pemula, ada buku petunjuk yang mudah diikuti dan kamu akan menguasainya cukup cepat. Jika Anda sudah tahu jalan di komponen listrik, jangan ragu untuk mulai menciptakan nada dengan segera.

Jadi mari kita bicara tentang bagaimana semua hal routing yang akan bekerja dengan modul Fuzz Factory. Suara Fuzz Factory kadang kacau, nada kadang halus dari dua transistor germanium, yang dimasukkan ke dalam board plug and play tepat di bawah modul. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencoba berbagai jenis transistor, seperti silikon, yang memiliki┬ánada fuzz yang lebih keras dan lebih tajam. Sekarang, mari kita mengatakan bahwa Anda ingin menghubungkan Fuzz Factory ke saluran pertama (footswitch kanan). Papan sirkuit untuk Fuzz Factory diberi label dimana koneksi nya adalah untuk Input, Output, Power in, Ground, dengan Transistor, dan lima kontrol-Volume, Gate, Comp (kompresi), Drive, dan Stab. Aku mengambil kabel berlabel E1, yang bertuliskan panjang 150mm dan memiliki kabel lead dan ground yang terpisah. Setelah mencolokkan kabel ke soket yang ditandai “1 IN,” Aku menancapkan kabel lead merah ke soket breadboard dalam kolom vertikal yang sama di bawah posisi “IN” di papan sirkuit Fuzz Factory. Kemudian Aku menancapkan kabel hitam (ground) ke soket di ground bus. Itu semua yang diperlukan untuk menghubungkan jack input langsung ke circuit board.

Salah satu kekuatan terbesar Inventobox adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda menetapkan tombol-tombol untuk fungsi pedal. Saya sudah terbiasa dengan tata letak Fuzz Factory tradisional, tetapi Inventobox memungkinkan Anda menetapkan mereka dalam urutan apapun yang Anda inginkan. Ada dua baris dari enam tombol di bagian atas, tetapi ada juga empat tombol tepat di atas footswitches. Aku memutuskan untuk menetapkan kontrol volume Fuzz Factory untuk salah satu dari tombol-tombol bawah, dan menetapkan empat lainnya ke baris atas. Hal ini memungkinkan saya untuk membuat sebuah bank kontrol volume untuk setiap efek. Dengan begitu aku bisa mengatur dan melupakan kontrol nada dan mudah mendapatkan kontrol volume untuk masing-masing tanpa harus melihat di antara semua tombol-tombol lainnya. Menghubungkan kabel dari setiap potensiometer relatif sederhana, dan itu dijelaskan dengan baik dalam buku petunjuk.

Setelah semua pembicaraan tentang routing, sirkuit modular, dan kabel, Anda mungkin hanya bertanya-tanya bagaimana hal ini terdengar. Aku memainkan Inventobox selama beberapa hari bahkan sebelum aku mulai bereksperimen dengan komponen yang berbeda, dan itu karena modul Stack Tone sangat bagus. Artinya board kecil beraroma Marshall ini menyediakan EQ tiga-band, dan menggabungkan nada dengan modul Fuzz Factory memberikan fuzz yang liar. Ini salah satu fuzz / unit overdrive yang paling fleksibel  yang pernah saya jumpai. EQ ini sangat sensitif dan memungkinkan Anda untuk membuat perubahan drastis untuk nada Fuzz Factory secara keseluruhan. Kontrol bass, misalnya, dapat membuat bahkan buzziest, nada fuzz reediest dari Fuzz Factory terdengar masif, dan kontrol midrange membantu nada kasar memotong seperti pisau. Ketika Anda feed rendah-gain setting Fuzz Factory ke dalam Stack Tone dengan boost Super Hard-On yang terlibat, Anda mendapatkan nada overdrive yang fantastis.

Circuit experimentation┬áadalah apa yang mendapat begitu banyak orang memicu tentang Inventobox, hal ini memerlukan sedikit pengetahuan tentang komponen hardware.┬áAnda tidak perlu harus memahami bagaimana sebuah kapasitor atau resistor bekerja, tapi pengetahuan dasar tentang nilai-nilai dari komponen-komponen tersebut sangat penting. Sebagai contoh, rangkaian Fuzz Factory dapat diubah untuk mengakomodasi bassists dengan membiarkan lebih low end ke dalam sinyal. Untuk mencapai hal ini, Anda dapat mengubah kapasitor input (komponen pertama di sirkuit Fuzz Factory) untuk menyatu dengan nilai yang lebih besar, atau Anda dapat menambahkan satu sebelum atau sesudah unit germanium yang ada. Saya memilih opsi terakhir. Z. Vex merekomendasikan kapasitor lebih besar dari 0,1 ╬╝F (tutup germanium asli 10╬╝F). Dan manual yang mengarahkan Anda untuk menempatkan kapasitor di papan sirkuit area yang ditandai Q2B (Q singkatan dari “transistor”) dan JMP1 (JMP berarti jumper).

zvex inventobox 2Sumber gambar dari muzicosphere.com

Saya menambahkan kapasitor 4.7╬╝F, yang memberikan dorongan bass masif dan fuzzed keluar nada hebat dengan bass yang memiliki P-dan J-style pickup. Saya juga mencoba 10╬╝F kapasitor elektrolit, yang mengakibatkan frekuensi bass intens dan menghilangkan sebagian besar high end-tapi itu benar-benar terdengar sangat keren. Saya juga mencoba 10╬╝F kapasitor elektrolit, yang mengakibatkan frekuensi bass intens dan menghilangkan sebagian besar high end-tapi itu benar-benar terdengar sangat keren. Dengan 1978 Gibson Les Paul Custom dengan Bare Knuckle Warpig di bridge, sirkuit yang sama menghasilkan nada yang nyaris seperti synth Moog. Beberapa perubahan yang dibuat-seperti mengganti transistor germanium dengan silikon yang-tidak terdengar baik sama sekali.

Berikut review video ZVex Inventobox

Inventobox bukan salah satu dari efek suara yang telah disetel seperti multi efek. Dibutuhkan kerja extra untuk mendapatkan nada yang berbeda tapi itu bisa menjadi hal yang baik. Itu benar-benar asyik dan memberikan Anda kontrol yang lebih intim untuk tone Anda. Jika Anda ingin mengembangkan signature sonik yang tak seorangpun dapat meng-copy-nya, efek gitar Inventobox dari ZVex adalah pilihan yang tepat. Pedal ini cukup medah digunakan, meskipun butuh ketrampilan dan keberanian. Cukup membuka empat sekrup dan angkat plat yang menutupi potensiometer. Ada serangkaian tutorial video yang sangat baik tersedia secara online untuk memandu Anda melalui langkah-langkah ini jika Anda gugup. Efek Gitar ZVex Inventobox ini dijual dengan kisaran harga $399.00

Semoga artikel Spesifikasi Dan Fungsi Penggunaan ZVex Inventobox Pedal ini bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *