Jenis Dan Kegunaan Efek Suara Pada Instrument Musik

Jenis Dan Kegunaan Efek Suara Pada Instrument MusikJenis Dan Kegunaan Efek Suara Pada Instrument Musik

Dalam dunia musik khususnya para pemain musik pasti sering menggunakan efek suara seperti Stompbox, Multy Efek, unit rackmount, dan lain-lain. Dan apakah anda tau jenis dan kegunaan efek tersebut??? Effects unit adalah perangkat elektronik yang mengubah bagaimana alat musik atau sumber audio lainnya suara . Beberapa efek halus “warna ” suara , sementara yang lain mengubahnya secara dramatis . Efek yang digunakan selama pertunjukan live atau di studio , biasanya dengan gitar listrik , keyboard dan bass . Sementara yang paling sering digunakan dengan instrumen listrik atau elektronik , efek juga dapat digunakan dengan instrumen akustik , drum dan vokal. Contoh efek umum unit termasuk pedal wah – wah , fuzzboxes dan unit reverb.

Efek yang disimpan di amplifier , unit atas meja , ” stompboxes ” dan ” rackmounts ” , atau mereka yang dibangun ke dalam instrumen itu sendiri . Sebuah stompbox (“pedal “) adalah logam kecil atau kotak plastik yang ditempatkan di lantai di depan musisi dan terhubung ke nya instrumen . Kotak ini biasanya dikendalikan oleh satu atau lebih kaki – pedal on- off switch dan hanya berisi satu atau dua efek . Sebuah rackmount dipasang pada rack yang berukuran 19 inch dengan peralatan standar dan biasanya berisi beberapa jenis efek.

Meskipun saat ini belum ada konsensus yang jelas tentang berapa untuk mengkategorikan efek, berikut ini menawarkan satu pendekatan, dengan menggunakan enam klasifikasi umum seperti: distortion, dynamics, filter, modulation, pitch/frequency, time-based.

  • Distortion: Efek distorsi membuat suara yang “warm”, “gritty” dan “fuzzy” terdengar oleh “kliping” sinyal audio instrumen, yang mendistorsi bentuk bentuk gelombang dan menambah overtone. Efek distorsi kadang-kadang disebut “gain” efek, seperti suara gitar terdistorsi pertama kali dicapai dengan meningkatkan pasokan tenaga listrik (yaitu gain) ke amplifier tabung. Dan jenis efek Distorsi ini terbagi atas Overdrive, Fuzz.
  • Overdrive: Unit overdrive mendistorsi nada instrumen dengan menambahkan “Tone”, menciptakan suara “Warm”. Untuk membuat suara “dirty” atau “gritty”suara, unit lebih jauh mengubah Tone dengan suara gelombang re-shaping or “clipping”  sehingga mereka memiliki flat, puncak mesa-seperti sesuatu yang melengkung. Dalam amplifier tabung, distorsi yang dibuat dengan mengkompresi sinyal listrik yang keluar dari instrumen kedalam tabung hampa udara atau “valves”. Dalam unit digital, efek ini disimulasikan oleh transitors atau chip computer. Distorsi efek differ Dari efek overdrive dalam menghasilkan kira-kira jumlah yang sama pada distorsi pada volume apapun. unit Overdrive, di sisi lain, memproduksi “Cleen” pada volume rendah dan suara terdistorsi pada volume keras.

Berikut contoh untuk efek Overdrive:

Boss DS-1

Boss DS-1 Distortion pedalIbanez Tube Screamer

Ibanez TS-9

  • Fuzz: Fuzz adalah versi lebih ekstrem dari distortion. Pedal fuzz juga lebih besar dan kurang halus dibandingkan dengan overdrive dan distortion. Fuzz juga menambahkan banyak suara ekstra untuk gitar, sehingga pemain harus membiarkan senar yang sedang tidak dimainkan atau mereka akan mendapatkan suara feedback.

Berikut contoh dari efek Fuzz:

Electro-Harmonix Big Muff

Electro-Harmonix Big Muff Pi Fuzz Pedal synisterBOSS FZ-5 Fuzz

BOSS FZ-5 Fuzz

  • Dynamic: Juga disebut volume dan efek amplitudo, efek dinamika memodifikasi volume instrumen. Efek Dinamika adalah efek pertama yang diperkenalkan untuk gitaris. Efek jenis dinamic ini meliputi Boost/volume pedalCompressorNoise gate.
    • Boost/volume: Sebuah boost atau “boost clean” menguatkan volume instrumen dengan meningkatkan amplitudo sinyal audio. Unit-unit ini biasanya digunakan untuk “meningkatkan” Volume selama solo dan mencegah kehilangan sinyal dalam “rantai efek” panjang. Seorang gitaris beralih dari rhythm guitar untuk memimpin gitar dapat menggunakan dorongan untuk meningkatkan volume nya solo.

Berikut adalah contoh untuk efek Boost/volume

Electro-Harmonix LPB-1

Electro Harmonix LPB-1 level boosterMXR Micro Amp

MXR Micro Amp

    • Compressor: Efek ini membuat suara keras lebih tenang dan suara yang tenang keras dengan mengurangi atau “menekan” jangkauan dinamis dari sinyal audio. efekkompresor juga sering digunakan untuk menstabilkan volume dan menghaluskan nada “attack” oleh peredam onset dan memperkuat sustain. Efek kompresor juga dapat berfungsi sebagai limiter dengan pengaturan ekstrim kontrol nya.

Berikut adalah contoh untuk efek Compressor

Keeley Compressor

Keeley compressorMXR Dyna Comp

MXR DynaComp

    • Noise gate: Efek jenis ini enghilangkan “hum”, “mendesis” dan “static” dengan sangat mengurangi volume suara yang berada di bawah ambang batas yang ditetapkan. Noise gates adalah expanders, yang berarti tidak seperti kompresor mereka meningkatkan jangkauan dinamis dari sinyal audio untuk membuat tenang terdengar bahkan lebih tenang. Jika digunakan dengan pengaturan yang ekstrim bersama dengan reverb, mereka dapat membuat suara yang tidak biasa, seperti efek drum yang terjaga keamanannya seperti yang digunakan dalam lagu-lagu pop, gaya tahun 1980-an yang dipopulerkan oleh lagu Phil Collins “in the Air Tonight”.

Berikut contoh jenis efek Noise gate

Boss NS-2 Noise Suppressor

Boss NS-2 Noise SuppressorsRocktron Hush Noise Gates

  • Rocktron Hush Noise GatesFilter : Fungsi dari jenis efek ini adalah mengubah konten frekuensi sinyal audio yang melewati mereka dengan baik meningkatkan atau memperlemah frekuensi tertentu atau daerah frekuensi. Jenis efek filter meliputi EqualizerTalk boxWah-wah.
    • Equalizer: qualizer adalah sebuah set filter yang memperkuat (“meningkatkan”) atau melemahkan (“cut”) daerah frekuensi tertentu. Stereo sering memiliki equalizer yang menyesuaikan bass dan treble Teknisi audio menggunakan equalizer sangat canggih untuk menghilangkan suara yang tidak diinginkan, membuat instrumen atau suara yang lebih menonjol, dan meningkatkan aspek-aspek tertentu dari nada sebuah instrumen.

Berikut contoh stompbox untuk Equalizer

Boss GE-7 Equalizer

Boss Bass Equalizer pedalMXR 10-band EQ Pedal

Perlengkapan Slash MXR M108 10-Band Graphic EQ

    • Talk Box: Fungsi dari efek ini adalah mengarahkan suara dari gitar atau synthesizer ke dalam mulut seorang pemain, yang memungkinkan dia untuk membentuk suara menjadi huruf vokal dan konsonan. Suara dimodifikasi ini kemudian dijemput oleh mikrofon. Dengan cara ini gitar mampu “berbicara”.

Berikut contoh stompbox untuk Talk Box

Dunlop Heil Talkbox

Dunlop Heil TalkboxRocktron Banshee Talk Box

Rocktron Banshee Talk Box

    • Wah-wah: wah-wah pedal menciptakan suara vokal seperti dengan mengubah spektrum frekuensi yang dihasilkan oleh instrumen-yakni bagaimana keras itu pada setiap saat terpisah frekuensi-dalam yang dikenal sebagai spectral glide. Perangkat ini dioperasikan oleh pedal kaki dengan membuka dan menutup potensiometer. Wah-wah pedal sering digunakan oleh gitaris rock funk dan psychedelic.

Berikut contoh stompbox untuk Wah-wah

Dunlop CryBaby

Dunlop Crybaby synister efekVox Wah

Vox wah

  • Modulation: Efek jenis ini menggabungkan beberapa sinyal audio dalam rangka menciptakan suara dengan sifat tonal yang tidak biasa. Beberapa efek modulasi campuran (“memodulasi”) sinyal audio instrumen dengan sinyal yang dihasilkan oleh efek disebut gelombang pembawa. efek modulasi lainnya membagi sinyal audio instrumen dalam dua, mengubah satu bagian dari sinyal dan mencampurnya dengan bagian berubah. Jenis efek Modulation ini meliputi Chorus, Flanger, Phaser, Ring modulator, Tremolo, Vibrato.
    • Chorus: Efek ini menirukan suara paduan suara dan benang orkestra menghasilkan secara alami, dengan memiliki sedikit variasi dalam timbre dan pitch, dengan mencampur suara dengan sedikit perbedaan dalam timbre dan pitch. Sebuah efek chorus membagi sinyal audio instrumen-to-amplifier, dan menambahkan penundaan dan frekuensi sedikit variasi atau “vibrato” ke bagian sinyal sementara meninggalkan sisanya tidak berubah.

Berikut contoh stompbox untuk Chorus

Boss Chorus Ensemble

Boss CE-5 Chorus EnsembleTC Electronic Stereo Chorus

TC Electronic Stereo Chorus

    • Flanger : Efek ini menciptakan suara seperti “jet pesawat” atau “angkasa”, simulasi efek studio yang dihasilkan dengan memegang tepi reel pita audio (yang “mengarah”) untuk sejenak memperlambat rekaman. Flangers menambahkan versi variabel keterlambatan suara dengan aslinya, menciptakan efek sisir filter.

Berikut contoh stompbox untuk Flanger

Boss BF-3 Flanger

Boss BF-3 Flanger synister

Behringer FL600 Flanger Machine

Behringer FL600 Flanger Machine

    • Phaser : Efek phaser atau “fase shifter” menciptakan efek suara yang sedikit beriak yang menguatkan beberapa aspek nada sementara juga mengurangi aspek nada  yang lain, dengan memisahkan sinyal audio dalam dua dan mengubah fase dari satu bagian.

Berikut contoh stompbox untuk Phaser

Electro-Harmonix Small Stone

Electro Harmonix Small StoneMXR Phase 90

MXR EVH Phase 90 Phaser van halen

    • Ring modulator: Efek ini mengeluarkan resonansi/bunyi, resonansi logam dengan mencampur gelombang yang dihasilkan oleh alat dengan gelombang yang dihasilkan oleh perangkat osilator internal untuk menciptakan sinyal nada yang kaya.

Berikut contoh stompbox untuk Ring modulator

moogerfooger MF-102

Moogerfooger MF-103

    • Tremolo : Efek tremolo menghasilkan sedikit variasi yang cepat dalam volume note atau akord. “Efek tremolo” tidak harus bingung dengan yang sering mereka salah artikan-bernama “tremolo bar”, sebuah perangkat pada bridge gitar yang menciptakan vibrato atau “pitch-bending” efek. Dalam efek transistorized, tremolo yang diproduksi dengan mencampur sinyal audio instrumen dengan gelombang pembawa sub-terdengar sedemikian rupa yang menghasilkan variasi amplitudo pada gelombang suara.

Berikut contoh stompbox untuk Tremolo

MXR M159 Stereo Tremolo

MXR M159 Stereo TremoloROCKTRON Surf Tremolo

ROCKTRON Surf Tremolo

    • Vibrato : Efek ini menghasilkan slight, variasi cepat di pitch, meniru variasi tone fraksional diproduksi secara alami oleh penyanyi opera dan pemain biola saat memperpanjang satu note. Efek vibrato sering membiarkan pelaku untuk mengendalikan tingkat variasi serta perbedaan dalam pitch (misalnya “depth”). Sebuah vibrato dengan pengaturan “depth” yang ekstrim  (misalnya, setengah sem / tone atau lebih) akan menghasilkan suara, dramatis ululating. Gitaris sering menggunakan istilah “vibrato” dan “tremolo” misleadingly. sesuatu yang disebut “vibrato unit” dalam amplifier gitar benar-benar menghasilkan tremolo, sementara “tremolo arm” atau “whammy bar” pada gitar menghasilkan vibrato.

Berikut contoh stompbox untuk Vibrato

Boss VB-2 Vibrato

Boss VB-2 VibratoSumber gambar dari shortscale.org
  • Pitch/frequency: Jenis efek ini memodifikasi nada dengan mengubah frekuensi gelombang suara atau menambahkan harmoni baru. Jenis efek Pitch/frequency ini meliputi Pitch shifter dan Harmonizer.

    • Pitch shifter : Sebuah pitch shifter meningkatkan atau menurunkan (misalnya “transposes”) setiap note seorang pemain memainkan dengan interval yang telah ditetapkan. Misalnya, pitch shifter diatur untuk meningkatkan pitch oleh keempat akan meningkatkan note masing-masing empat interval diatonis di atas note sebenarnya yang dimainkan. shifter pitch meningkatkan atau menurunkan pitch pada satu atau dua oktaf, sedangkan perangkat yang lebih canggih menawarkan berbagai perubahan interval.

Berikut contoh stompbox untuk Pitch shifter

Behringer US600

Behringer Pitch Shifter

    • Harmonizer : Ini merupakan jenis shifter pitch yang menggabungkan pitch yg diubah dengan pitch asli untuk menciptakan harmoni dua note atau lebih. Beberapa hamonizers mampu membuat efek chorus seperti dengan menambahkan perubahan sangat kecil dalam pitch. 

Berikut contoh stompbox untuk Harmonizer

Electro-Harmonix POG

Electro-Harmonix POG pedal synister

  • Time-based: Fungsi dari jenis efek ini adalah menunda sinyal suara atau menambahkan echos. Jenis efek Time/based ini meliputi Delay/echo, Looper pedal, Reverb.
    • Delay/echo: Efek ini menghasilkan efek gema dengan menambahkan duplikat instrumen-untuk-penguat sinyal listrik ke sinyal asli pada Delay waktu yang pendek. Efeknya bisa menjadi “slap” or “slapback,” atau beberapa Echos.

Berikut contoh stompbox untuk Delay/echo

Electro-Harmonix Deluxe Memory Man

Electro-Harmonix Memory ManLine 6 DL4

Line 6 DL4

    • Looper pedal: looper pedal atau “looper frase” memungkinkan pelaku untuk replay merekam dan jedah atau bagian dari sebuah lagu. Loops dapat dibuat di tempat selama pertunjukan atau mereka dapat pra-direkam. Beberapa unit memungkinkan pemain untuk loop beberapa kali. Efek loop pertama diciptakan dengan pita reel-to-reel tape menggunakan loop. High-end boutique tape loop effects masih digunakan oleh beberapa studio yang meinginkan suara vintage. efek loop digital menciptakan efek ini menggunakan memori elektronik.

Boss RC-30 Loop Station

Boss RC-30 Loop StationSumber gambar dari musiciansfriend.com
    • Reverb : mensimulasikan suara yang dihasilkan dalam ruang gema dengan menciptakan sejumlah besar gema yang secara bertahap memudar atau “decay” . Sebuah sistem plate reverb menggunakan transduser elektromekanis untuk menciptakan getaran dalam satu plate reverb. Spring reverb sistem, yang sering digunakan dalam amplifier gitar, gunakan transduser untuk membuat getaran dalam spring (suara mata air). efek reverb sinyal digital menggunakan algoritma berbagai pengolahan untuk menciptakan efek reverb, sering kali dengan menggunakan sirkuit keterlambatan umpan balik.

Electro-Harmonix Holy Grail

Electro Harmonix Holy Grail

Semoga artikel Jenis Dan Kegunaan Efek Suara Pada Instrument Musik ini bermanfaat…

3 thoughts on “Jenis Dan Kegunaan Efek Suara Pada Instrument Musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *