Review Efek Gitar Electro-Harmonix B9 Organ Machine

Electro Harmonix menyebut B9 sebuah “Organ Machine,” dan memang seperti itu. Colokkan gitar Anda ke pedal ini dan keluar datang berbagai suara organ yang otentik. Menurut Electro-Harmonix, B9 menggunakan generasi nada digital yang terkait dengan apa EHX digunakan dalam HOG dan POG pedal. Seorang juru bicara perusahaan mengatakan bahwa banyak seniman yang menggunakan pedalnya untuk meniru suara organ, sehingga B9 diciptakan untuk membuatnya lebih mudah.

Dari empat tombol di bagian atas, dua yang pertama adalah kontrol output yang berdampak Organ, salah satu 1/4 “output pada sisi kiri pedal: kontrol Dry level gitar melalui output Organ, dan Organ mengatur suara organ tingkat melalui itu. Di atas output Organ adalah output kedua disebut Dry, yang hanya memancarkan suara gitar, dan tidak memiliki kontrol volume. Ini sedikit kontra-intuitif, sebagai asumsi alami seseorang adalah bahwa tombol Dry mengontrol output Dry, dan Organ kenop keluaran Organ. Hal ini dijabarkan dalam manual yang dicetak, tetapi jika Anda belum membacanya, hal itu tentu membingungkan.

Electro Harmonix B9 Organ MachineImage source: thomann.de

B9 ini sport dua tombol parameter: Mod mempengaruhi kecepatan efek modulasi pada organ. Klik adalah efek klik utama, yang menurut Electro-Harmonix, dirancang untuk meniru klik kunci pada “klasik Be dan C3 organ.” Ini dirancang untuk memicu ketika note dimainkan, bukan memicu kembali yang dicatat sampai berhenti atau turun di bawah ambang batas amplitudo. Pada emulasi tertentu, klik tombol kontrol parameter yang berbeda. Misalnya, pada Cathedral, suara organ gereja, ia mengendalikan kedalaman efek tremolo.

Di bawah empat tombol adalah 9-cara pemilih tombol Ivory berwarna untuk panggilan dalam emulasi organ tertentu yang ingin Anda gunakan. Akhirnya, ada saklar Bypass penyangga. Jack 1/4 input di sebelah kanan, sisi yang berlawanan pedal dari 1/4 output tersebut. Pada bagian belakang adalah jack untuk disertakan 9V, 200mA adaptor. Pedal tidak dijalankan pada baterai.

B9 ini menawarkan baik berbagai suara organ yang berbeda termasuk Jazz, Injil dan Classic Rock. Katedral adalah suara organ gereja; Bell organ / piano listrik hibrida; dan Fat dan penuh menambahkan dalam satu oktaf tambahan di bawah dan di atas. Kontinental memberi Anda emulasi Vox Continental. Efek modulasi vibrato dan kedalaman kontrol Klik satu ini.

Aku mencoba pedal sejalan dengan efek gitar lainnya seperti distorsi dan kompresi – sebelum dan setelah organ itu – dan aku sangat menyukai kompresi cara merapikan B9, yang dapat terdengar sedikit keras. Saya menemukan bahwa suara pada B9 ini tidak semua berbasis di oktaf yang sama, jadi tergantung pada suara Anda beralih, notasi yang sama pada gitar Anda mungkin memicu mungkin terdengar dalam oktaf yang berbeda setelah Anda mengaktifkan preset. Mungkin ada alasan mengapa Electro-Harmonix melakukan itu, tapi aku merasa membingungkan, dan lebih suka semua patch yang akan berbasis di sekitar oktaf yang sama (dengan pengecualian “Alas Ujung,” yang menghasilkan suara bassy itu turun satu oktaf) . Beberapa suara memicu notes berlapis yang satu oktaf di atas, di bawah, atau keduanya (dalam kasus “Fat & Penuh”), yang keren.

Suara umumnya cukup meyakinkan. Pertama kali aku dicolokkan di, aku merasa seolah-olah saya telah diangkut belakang rig B3. Tentu saja, karena gitar dan bermain organ sangat berbeda, Anda harus menyesuaikan gaya yang sesuai dan melakukan organ seperti riff lebih dan akord jika Anda ingin keasliannya. Meskipun demikian, Anda akan terhambat oleh kurangnya gitar dari mempertahankan, dibandingkan dengan organ, yang menopang jauh ketika tombol ditekan. Namun, itu bukan kesalahan B9 ini, dan setiap gitar berbasis emulasi organ akan menghadapi masalah ini.

Kelebihan:

  • Organ terdengar Realistis
  • Sembilan preset organ yang berbeda
  • Modulasi yang baik dan efek ‘klik tombol’
  • Dual output untuk suara kering dan organ

Kekurangan:

  • Sedikit keterlambatan tracking
  • Rentang konsisten dalam preset
  • Pemicu dari keyboard dapat menghasilkan dinamika yang tidak rata

Baca juga artikel “Review Gitar Epiphone Les Paul Special II” dan review dari alat musik lainnya. Semoga artikel Review Efek Gitar Electro-Harmonix B9 Organ Machine ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *