Review Gitar Epiphone Les Paul Special II

Review Gitar Epiphone Les Paul Special II

Epiphone Les Paul Special II adalah jajaran gitar listrik solid body yang diproduksi oleh Epiphone sebagai versi yang lebih murah dari Gibson Les Paul. Perusahaan terkadang mengacu pada model ini sebagai model Les Paul yang paling populer dari Epiphone, antara lain karena rancangan klasik mereka, serta kesederhanaan mereka secara keseluruhan. Meskipun desain telah sebagian besar tidak berubah selama bertahun-tahun, Special II telah diproduksi di lokasi yang berbeda, termasuk di China.

Gitar ini memiliki bentuk klasik les paul, tapi atasnya datar (sayangnya tidak terlihat lebih baik dari arched top seperti Epiphones standar dan gibson), dua humbucker pickup, Bridge tune-o-matic, satu volume dan satu tombol nada yang mempengaruhi kedua pickup, satu selector pickup dengan tiga posisi, 22 frets, dot inlays dan warna hitam yang cukup bagus.

Epiphone Les Paul Special IISumber gambar dari guitarmusician.com
 

Dibandingkan dengan gitar pemula lainnya (ibanez, jackson dan Squier), leher Epiphone ini lebih tebal. Aku menyukainya, saya pikir itu lebih ergonomis untuk tangan saya dan saya bisa bermain lebih lama tanpa merasa lelah. Salah satu masalah terbesar dengan gitar murah ini adalah bahwa Anda selalu mendapatkan mereka dari toko dengan string yang tinggi. Jadi jika Anda berpikir tentang membeli gitar ini bawa langsung ke luthier dan memintanya untuk menyesuaikan tensor dan bridge untuk membawa string lebih dekat ke bagian leher, ini akan membuat perubahannya besar di playability gitar dan nada.

Masalah umum lainnya adalah knob yang agak sulit untuk diputar, selektor pick up berisik dan sejenisnya. Setelah penyesuaian dilakukan Anda akan memiliki senjata yang cukup jujur ​​untuk bermain rock n roll. Gitar ini tidak berat, beratnya seimbang antara bodi dan neck dan kontrol yang mudah dijangkau.

Untuk mengetes gitar ini saya menggunakan Zoom 505 II dengan beberapa amp murah. Saya mencoba untuk memainkan musik rock seperti Led Zeppelin, Aerosmith, Guns n’ Roses, Sabbath, AC/DC, Soundgarden, Alice In Chains, dan hal-hal yang lebih berat seperti Metallica atau Megadeth alhasil gitar ini mampu bekerja dengan cukup baik. Gunakan pickup bridge untuk nada heavy, tajam, bright (seperti Zeppelin “Rock n ‘Roll”, “Welcome To The Jungle”, “Back In Black”, “Master Of Puppets”, “3’s & 7’s”, dll) , dan gunakan pickup neck untuk hal-hal yang lebih mellow, nada bersih, atau bahkan jika Anda ingin terdengar benar-benar kotor dengan banyak distorsi.

Secara keseluruhan gitar ini cukup bagus, namun hal yang paling tidak saya sukai dari gitar ini adalah knob tone-nya. Harga gitar ini cukup bersahabat namun jika anda memiliki dana sedikit lebih banyak mungkin anda bisa mendapatkan gitar yang lebih baik seperti SG G-400, Les Paul 100, atau mungkin Gretsch Jet Klub.

Baca juga “Review Gitar Ibanez TAM100 Tosin Abasi Signature” dan artikel review gitar lainnya. Semoga artikel Review Gitar Epiphone Les Paul Special II ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *