Review Gitar Ibanez TAM100 Tosin Abasi Signature

Review Gitar Ibanez TAM100 Tosin Abasi Signature

Tosin Abasi adalah salah satu dari beberapa “new signature artists” yang diperkenalkan oleh Ibanez di acara 2013 NAMM. Gitar Seri tanda tangannya itu adalah TAM100. Gitar buatan Jepang ini adalah gitar 8 string berkonstruksi bolt-on dan jauh lebih dari penyempurnaan dari desain yang sudah basi, dan merupakan formula yang baru untuk menciptakan nada, dengan perpaduan kayu eksotis dan kabel khusus, signature DiMarzio Ionizer8 pickup menjadikan gitar ini ekspresif.

Meskipun penampilan secara inheren mengesankan, beberapa karakteristik desain TAM100 yang kurang jelas membuatnya menjadi instrumen yang ramping dan mudah untuk digunakan. Gitar ini tidak lebih berat dari gitar model Strat pada umumnya. Abasi memilih Wenge dan bubinga untuk neck, terutama karena ini kayu yang mencolok dan mampu menghasilkan nada yang kaya yang menawarkan serangan lebih dari mahoni dan lebih mendalam dari maple. Dan memiliki 24-fret Wenge fingerboard di atasnya.

Ibanez TAM100 Tosin Abasi signatureSumber gambar dari axepalace.com

Gitar ini memiliki body yang terbuat dari bahan kayu basswood yang tipis dan berkontur untuk berat badan dan kenyamanan, dan diatasnya berlapis maple. Karena berasal dari seri RG, TAM100 memiliki body yang datar. Kedua leher dan tubuh dibiarkan tampak alami dengan milky blue finish. Skema milky blue ini adalah satu-satunya pilihan warna yang tersedia untuk TAM100 dan selesai dalam high-gloss.

Meskipun Abasi memilih untuk aksen TAM100 dengan pickguard kulit penyu, tanda tangan Ionizer8 DiMarzio pickup sebenarnya sulit-mount untuk gitar. DiMarzio Steve Blucher menciptakan skema kabel khusus untuk gitar ini, memungkinkan Tosin untuk menciptakan berbagai konfigurasi single-coil / humbucker melalui selector lima arah dan switch coil-tap. Pickup tengah selalu berbarengan dengan coil pickup lain. Bagian bridge pada model ini dilengkapi dengan Edge III double-locking trem bridge.

 Menurut review dari beberapa pengguna, Gitar Ibanez TAM100 Tosin Abasi Signature ini menghasilkan gelombang Glorious nada berasal dari leher TAM100s Wenge / bubinga, begitu banyak sehingga mereka benar-benar puas dengan persembahan akustik. Ketika dicolokkan ke Mesa Mark V dan Fender Tone-Master heads, gitar TAM100 ini tampaknya mencapai lebih dalam ampli, memanfaatkan dan mempertahankan nada yang belum pernah mendengar dari gitar yang lain. Nada bersih melalui berbagai kombinasi dari DiMarzio Ionizer8 pickup terdengar secara tak terduga seperti piano, dengan rona kayu yang berfungsi sebagai pusat untuk spektrum penuh terbentuk dari suara, sesuatu yang tidak mungkin pada neck bagian bawah gitar enam string. Kejelasan dan definisi tetap utuh bahkan ketika amp yang ditetapkan untuk gain tinggi, sehingga memungkinkan untuk jelas mendengar setiap note dalam akord besar dan arpeggio yang diperpanjang.

Secara keseluruhan gitar Ibanez Tosin Abasi signature TAM100 ini berbobot ringan dan cepat, secara musikal fleksibel, dirancang luar biasa dan salah satu dari beberapa gitar delapan-string yang benar-benar memenuhi syarat sebagai instrumen high-end. Gitar Ibanez TAM100 Tosin Abasi Signature ini dijual dengan kisaran harga $4000.

Baca juga artikel “Review Gitar Fender Jim Root Jazzmaster” dan review gitar lainnya. Semoga artikel Review Gitar Ibanez TAM100 Tosin Abasi Signature ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *