Review Multi Efek Gitar Boss ME-80

Selama bertahun-tahun, Boss telah menjadi salah satu produsen multi-efek gitar terkemuka, dan ME-80 adalah produk terbaru. Lebih murah dibandingkan dengan andalannya GT-100, namn itu tetap merupakan unit yang sangat cakap dan kaya akan fitur. The ME-80 memberikan Anda akses ke hampir semua jenis efek gitar, berbagai preamp suara, sebuah pedal ekspresi dengan banyak efek pilihan, dan bahkan built-in Looper, semua dalam satu unit. Mari kita bawa untuk test drive.

Desain

ME-80 memiliki fitur empat pedal ganda yang dirancang dengan cerdik dan masing-masing memiliki footswitch atas dan bawah. Ditambah pedal ekspresi, yang telah footswitching kapabilitas sendiri, dan ada banyak kontrol kaki untuk unit delapan efek simultan modul. Bandingkanlah dengan pendahulunya, ME-70 – ia dapat memiliki 8 efek pada satu waktu, tetapi hanya memiliki empat footswitches dan sebuah ekspresi pedal.

Boss ME-80 reviewSumber gambar dari premierguitar.com

Masing-masing empat perumahan pedal memiliki footswitch atas dan bawah, inilah bagaimana delapan pedal dapat muat pada frame. Di atas baris pedal banyak tombol kontrol, tersusun dalam cluster yang mewakili delapan efek yang berbeda modul. Setiap modul memiliki tempat 3-11 pilihan, dan semua mengatakan ME-80 menawarkan 72 efek yang berbeda!

Salah satu aspek yang lemah adalah 2 karakter di 7-segmen LED. Sebuah tampilan ini kecil pada unit kompleks ini hampir tidak memadai. Sebagai contoh, ketika Anda memilih sebuah patch, layar hanya menunjukkan Bank apa itu, dan Anda harus melihat ke lampu status pada pedal individu untuk melihat apakah itu patch yang 1, 2, 3, atau 4 di bank itu. Nomor patch adalah sesuatu yang Anda harus dapat melihat sekilas.

Modul meliputi Preamp, Comp / FX1, OD / DS (overdrive / distorsi), Mod, EQ / FX2, Delay, Reverb dan Pedal FX. Seiring dengan cahaya statusnya, setiap modul memiliki tombol pemilih detented, bersama dengan knobs parameter rotary. Fungsi masing-masing tombol atau fungsi, karena banyak memiliki lebih dari satu diberi label dalam tulisan putih, yang kontras dengan baik pada body yang berwarna abu-abu.

Bagian belakang unit memiliki 1/4 Gitar Input, sepasang stereo berlabel 1/4 “Guitar Amp Output, sebuah 1/8” Aux In untuk menghubungkan audio player eksternal untuk latihan atau untuk memberikan backing track, dan 1 / 8 “Rec Out / Phones output, sinyal yang melewati sebuah simulator amp. Dalam keadaan default ME-80, sinyal yang melewati 1/8 Output ini memiliki fitur simulator amp, tapi apa yang keluar dari gitar Amp Output tidak. Sebuah port USB memungkinkan untuk koneksi dengan komputer (Mac atau PC). Di samping itu adalah saklar on / off, DC In jack memungkinkan Anda menghubungkan opsional PSA-120S Boss AC adaptor, dan terakhir, posting untuk melampirkan (opsional) Kensington kabel pengaman. Di bawah unit adalah penutup untuk baterai, yang menampung enam baterai AA.

Fitur Tambahan:

ME-80 juga memiliki built-in tuner, yang cukup stabil, namun berkat layar yang sangat kecil, itu tidak mudah untuk digunakan seperti yang Anda harapkan pada unit canggih ini. Anda hanya akan melihat satu kiri dan satu panah kanan untuk menunjukkan datar dan tajam, masing-masing, dan nama Note di layar, sehingga sulit untuk mengukur jarak yang ditempuh note yang Anda tuning tersebut dari target nada, dan dengan demikian menyebabkan banyak kelebihan atau kurang mengimbangi saat memutar mesin tuning.

ME-80 memiliki dua mode: Ketika dalam mode Memory, menekan pedal beralih antara preset dan bank. Ketika itu dalam mode Manual, pedal menghidupkan dan mematikan efek individu. Masalahnya adalah bahwa jika Anda dial di patch dalam mode Memory, dan kemudian beralih ke mode Manual berharap untuk mengubah efeknya dan mematikan secara individual, unit beralih ke pengaturan yang memiliki terakhir kali Anda berada di mode Manual, daripada menjaga patch Anda hanya keluar dalam mode Memory. Bagi saya, itu akan menjadi jauh lebih berguna untuk dapat memilih preset dalam mode Memory, dan kemudian dapat beralih ke mode Manual untuk membalikkan keadaan dan mematikan. Dengan begitu, Anda bisa program yang telah diatur untuk lagu tertentu, dan kemudian beralih ke mode Manual jika Anda ingin mengucapkan, menghidupkan chorus atau mematikannya selama lagu itu.

Untungnya, ada solusi: mengulurkan tangan dan tekan tombol Edit saat dalam mode Memory (Anda harus menggunakan jari Anda karena itu bukan footswitch), pada titik mana Anda dapat menghidupkan dan mematikan efek dan mengeditnya sambil menjaga pengaturan dari Mode memori saat preset.

Di atas semua fitur tersebut, ME-80 dapat dihubungkan ke Mac atau PC melalui USB, setelah Anda men-download driver dan perangkat lunak BOSS Tone Studio untuk ME-80, yang memberikan Anda sebuah editor layar dan librari. Anda dapat menggunakannya dengan mudah untuk mengedit patch, dan menyimpannya ke komputer atau unit, serta menciptakan Set Live patch untuk ekspor ke bank pada ME-80. Software ini dirancang dengan baik, dan juga termasuk tuner yang bagus pada layar, modul recorder, dan link ke Boss Tone Central di mana Anda dapat men-download koleksi patch dari gitaris ternama, serta tambahan ME-80 bank.

Sambungan USB memungkinkan Anda untuk merekam langsung ke DAW Anda. Jika DAW Anda tidak memungkinkan Anda untuk mengatur input dan output yang berbeda, Anda dapat memantau kedua sinyal yang direkam dan trek kembali dari DAW Anda melalui headphone output ME-80, atau melalui dua Gitar Output.

Kesimpulan:

Saya harus mengatakan saya cukup meragukan unit ini pada awalnya, dan itu pasti butuh waktu beberapa saat untuk sampai ke tempat aku merasa nyaman dengan arsitekturnya. Tapi aku benar-benar kagum, setelah melihat semua yang dapat dilakukan. Tidak mungkin Anda akan bisa membeli kotak stomp individu yang diperlukan untuk menyamai apa yang ditawarkan ME-80, tanpa menghabiskan lebih banyak biaya.

Dari sudut pandang kenyamanan, ME-80 jelas lebih unggul daripada pedalboard dengan stompboxes individu. anda tidak hanya akan mendapatkan koleksi efek yang banyak, tetapi kemampuan untuk menyimpan preset pengguna, konektivitas USB dan kenyamanan dari unit yang relatif kompak yang mudah untuk setup dan mencatat, dan tidak memerlukan biaya pemeliharaan pedalboard.

Kelebihan:

  • Banyak pilihan efek gitar
  • Kualitas suara yang bagus
  • Memiliki Delapan efek simultan
  • Pedal efek berlimpah ditambah real-time parameter kontrol
  • Baterai yang baik
  • Koneksi USB untuk audio editing and patch
  • Panduan editor / software librarian untuk Mac dan PC
  • Looper disertakan

Kekurangan:

  • Layar terlalu kecil
  • Tuner tidak mudah digunakan karena layar kecil
  • Power supply tidak disertakan
  • Analog dan tape delay terlalu pendek
  • Noise suppressor harus lebih mudah diakses

Baca juga artikel “Review Tech 21 Fly Rig 5 SansAmp, Reverb, Delay, Distortion, dan Boost” dan review alat musik lainnya. Semoga artikel Review Multi Efek Gitar Boss ME-80 ini bermanfaat.

One thought on “Review Multi Efek Gitar Boss ME-80

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *