Mengenal Efek Loop Seri Dan Parallel

Mengenal Efek Loop Seri Dan Parallel

Saat ini, perkembangan teknologi efek suara sebagai suatu alat penunjang bagi para gitaris untuk menciptakan sound gitar yg sesuai dengan keinginan, sudah sangat berkembang pesat. Dari mulai, yang sudah tergabung pada ampli bahkan sampai yang model rack. Dan saat ini kebanyakan amplifier gitar sudah menyediakan fasilitas efek loop. Apa itu efek loop?

FX loop adalah patchbay kecil / sistem patching yang memungkinkan seseorang untuk menempatkan pedal FX mereka (atau rak atau apapun) SETELAH bagian preamp mereka tetapi SEBELUM poweramp. Alasan untuk ini adalah bahwa beberapa efek terdengar ‘lebih baik’ (lagi subyektif) SETELAH pre-amping yang telah terjadi. Kebanyakan orang cenderung menempatkan reverb, delay dan modulasi pun di FX Loop sebagai dibandingkan dengan di depan amp mereka. Bayangkan delay pedal di depan sebuah amp. Pertama Anda menunda / mengulangi sinyal yang bersih gitar Anda dan kemudian amp distorsi baik gitar dan sinyal diulangi. Hal ini sering dapat menyebabkan sinyal reapeat menjadi sangat keras dalam campuran, yang kadang-kadang dapat menjadi tak terkendali, dan amp juga akan merespon sinyal repeat berbeda karena lebih tenang / tidak panas seperti sinyal gitar murni. Menempatkan delay pedal (sebagai contoh) dalam FX loop berarti Anda akan mendapatkan semua nada dasar Anda dan KEMUDIAN menunda / mengulanginya sehingga sinyal tertunda sangat mirip dengan nada asli Anda dan setelan delay level atau mix juga bisa jauh lebih baik. Dalam efek Loop juga ada isitilah Seri dan Parallel, apa itu???

Loop Seri:

Sebuah loop Serial adalah, sesuai dengan yang diharapkan, kabel secara seri. SEMUA nada gitar Anda berjalan melalui FX Loop dan kembali ke amp. Yang mana sinyal dari section preamp, dikirim “seluruhnya” ke unit efek. Sehingga utk mengatur kadar DRY dan WET, harus dilakukan via unit efek itu sendiri. Contoh kasus, bila kita menggunakan DIGITAL REVERB, maka pd efek loop yg seri (serial effect loop), pengaturan Mix pd Digital Delay biasanya harus 50% atau kurang dari 50%. Kalau kita memutar hingga 100%, maka yg terdengar hanya bunyi perlambatan dari Digital Delay tsb saja. Tanpa sinyal DRY sama sekali.

Dalam efek loop rangkaian seri ini seringkali menghasilkan suara yang benar-benar halus, jauh lebih tenang dan mengubah nada Anda sangat sedikit jika anda menggunakan stompbox yang modern. Namun jika anda menggunakan stompbox yang tua, sekitar lima belas tahun yang lalu stompboxes yang mungkin tidak dirancang dengan baik dan lebih awal dari itu bisa sangat bising, efek vintage yang terutama sangat bising dan sering dapat menurunkan nada Anda dengan cara yang tidak diinginkan. Begitu juga efek digital menjadi masalah juga sebagai analog ke digital converter (dan belakang) itu tidak sebagaimana berkualitas tinggi karena mereka saat ini begitu banyak nada yang hilang dan dikompresi dan kurang lebih sebagian hancur oleh karena menjalankan unit digital 80-an yang lebih tua dalam rangkaian seri.

Loop Parallel:

Sebuah loop paralel berjalan secara paralel (tentu saja) dengan sinyal asli, dimana sinyal dari section preamp, dikirim “setengahnya” ke unit efek. Sehingga utk mengatur kadar DRY dan WET, harus dilakukan via amplifier, bukan via efek. Sedangkan efek Mix, harus di-set 100%. Pada amplifier yg menyediakan efek loop paralel, biasanya juga menyediakan knob buat mengatur efek level pd panel kontrolnya.

Loop paralel dilengkapi dengan kontrol ‘Mix’ yang memungkinkan Anda untuk membaur dengan berapa banyak dari FX loop yang Anda rencanakan untuk digabung dengan sinyal asli Anda. Ini sangat ideal untuk efek seperti delay dan reverb karena Anda dapat mengatur unit ke seratus persen basah dan kemudian menyesuaikan menggunakan mix kontrol loop Anda untuk mengatur level yang diinginkan efeknya. Ini juga memiliki keuntungan dari menjaga nada gitar yang sangat murni dan hanya menambahkan dalam jumlah efek yang Anda inginkan. Pada zaman modern prosesor digital mempunyai fasilitas yang fantastis A / D, D / A konverter dan loss sehingga tonal tidak benar menjadi masalah (tetapi apakah Anda masih ingin sinyal yang dikonversi ke digital dan kembali beberapa kali?) Tetapi dengan meningkatnya popularitas efek vintage dan unit digital loop FX paralel adalah anugerah karena mereka memungkinkan kita untuk menjaga dari konverter berkualitas buruk dan efek noisy terpisah dari tone utama.

Jadi mana yang lebih baik? Yang mana yang Anda butuhkan? Keadaan pribadi bervariasi, seperti halnya selera pribadi, dan saya pribadi telah menggunakan keduanya, dan terus menggunakan, kedua tipe FX loop tergantung pada situasi. Jika Anda menjalankan sistem pedalboard biasa Anda mungkin memilih tipe SERI untuk kemudahan penggunaan dan mampu mengendalikan segala sesuatu di kaki Anda, namun jika Anda menggunakan sistem rak berbasis paralel bisa jauh lebih fleksibel dan bahkan mungkin sedikit lebih mudah untuk digunakan.

Sebagai kesimpulan, untuk kesederhanaan Serial mungkin adalah salah satu untuk memilih, tetapi jika Anda mendambakan gitar nada murni dengan suara studio maka paralel akan membuat Anda lebih dekat untuk mencapai tone yang Anda dengar di kepala Anda.

Semoga artikel Mengenal Efek Loop Seri Dan Parallel ini bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *