Peralatan Yang Digunakan Untuk Membuat Home Recording Studio

Peralatan Yang Digunakan Untuk Membuat Home Recording

Sekarang ini, di jaman yang serba digital, segala sesuatunya menjadi sangat mudah. Di era digital ini, semua serba terjangkau. Membuat dan merekam musik adalah pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat. Buat yang hobi ngeband, atau nyanyi-nyanyi, atau juga yang doyan banget bikin musik instrumental, pasti pengen merekamnya.

Karena teknologi komputer telah berkembang secara pesat, semakin banyak komputer yang berkinerja cukup baik dengan anggaran yang rendah. Hasilnya, membangun studio home recording sederhana di komputer yang ada bisa sangat murah. Belajar bagaimana membuat studio rekaman yang murah di rumah memerlukan penilaian apa yang akan anda gunakan Home Recording Studio dan kualitas suara apa yang Anda butuhkan. Pada kesempatan kali ini YoWisBand akan memberikan informasi tentang Peralatan Yang Digunakan Untuk Membuat Home Recording Studio.

 Peralatan Yang Digunakan Untuk Membuat Home Recording Studio

Sumber gambar dari yutsiguitarviolin.blogspot.com

Komputer

Yang paling utama dalam memulai membuat home recording adalah harus punya dulu sebuah Laptop atau PC. Anda tidak perlu komputer tercepat untuk merekam dan mixing, tetapi harus cukup cepat. Semua mulai dari tunner, pemilihan fx guitar maupun bass, drum, editing, mixing, mastering kita lakukannya dengan bantuan komputer. Oleh karena itu alangkah baiknya bila komputer yang digunakan memiliki spek yang baik. Usahakan cari komputer yang memiliki kecepatan procesornya cukup bagus seperti Core i-atau bahkan Core 2-series misalnya. Optimalkan RAM sebanyak-banyaknya, karena software home recording studio akan memakan memori cukup banyak. Dan jangan lupa pilih hardisk yang chacenya gede dan ukuran besar.

Microphone

Mikrofon mungkin komponen yang paling penting dari home studio karena seluruh titik studio ini untuk merekam audio. Sebuah home recording studio yang murah dapat dikelola dengan hanya mikrofon tunggal jika diperlukan. Jika Anda hanya membeli 1 mic, pastikan untuk memilih mic yang dinamis. Jenis konstruksi lebih kuat dan serbaguna, dan self-powered. Sebuah standar industri mic dinamis adalah Shure SM-57, yang dapat digunakan untuk vokal dan instrumen.

Jika Anda ingin merekam suara dengan sangat tenang atau instrumen yang ekspresif, seperti gitar akustik atau piano, mic kondensor akan memberikan hasil yang lebih baik. Mic kondensor tidak kasar atau flexibel seperti mic dinamis, tetapi memberikan respon yang lebih sensitif. Beberapa mic starter yang baik meliputi Studio Proyek B1, AKG C2000B, dan MXL 990. Ada juga microphone condencer merk SAMSONS Go Mic USB, dan kisaran harganya sekitar 475 ribu. Saran saya jika ingin membeli mic condencer, beli yang USB aja karena sudah tidak memerlukan phantom power. Dan jangan lupa beli stand mic ama pop filternya juga.

Audio Interface

Audio Interface adalah bagian dari hardware yang menggantikan sound card komputer Anda dan memungkinkan Anda untuk menghubungkan instrumen Anda dan mikrofon ke komputer Anda melalui mixer. Ini adalah alat yang sangat dibutuhkan untuk membuat digital home recording studio. Pada PC , Anda biasanya akan memasang Audio Interface Anda dalam slot kosong PCI . Pada Mac , Anda mungkin perlu membeli sebuah Interface yang dapat terhubung melalui USB atau kabel FireWire.

Pastikan Audio Interface Anda memiliki 2 input dan 2 output yang jack . Ini akan memungkinkan Anda untuk merekam dalam stereo . Agar lebih fleksibel, memilih Audio Interface dengan 4 jack input. Salah satu produsen audio interface yang biasanya digunakan di home recording adalah M-Audio. Mereka menghasilkan kedua entry-level dan model high-end. Jika Anda sedang mencari sesuatu yang sedikit lebih murah, Focusrite Saffire 6 adalah pilihan yang cukup baik.

DAW Software

Digital Audio Workstation (DAW) bisa dibilang adalah software untuk recording. Software ini biasanya bawaan dari Audio Interface yang anda beli. Banyak interface datang dengan Cubase LE , ProTools LE , atau versi gratis dari beberapa sofware populer lain yang akan menyediakan cara merekam , memainkan beberapa instrumen digital , menambahkan efek , dan menciptakan campuran yang solid.

Ada beberapa pilihan untuk anggaran kecil. Umumnya, aplikasi yang lebih mahal menawarkan fungsionalitas yang lebih besar dan fleksibilitas. Untuk rekaman dengan anggaran yang sangat kecil, Anda dapat menggunakan software perekam berlisensi versi freeware atau shareware. Audacity dan GarageBand 2 pilihan populer untuk recording dengan anggaran yang rendah. Dengan anggaran yang sedikit lebih tinggi, Anda dapat membeli software perekam yang berkualitas dekat-profesional seperti Ableton Live atau Cakewalk Sonar. Kedua aplikasi ini juga tersedia dalam versi entry-level yang lebih murah tapi kurang bertenaga. Kalau ingin mudah ya gunakan saja Cool Edit Pro, kalau pengen yang lebih komplit coba gunakan Nuendo atau Adobe Audition.

Audio Mixer

Mixer adalah suatu bagian penting dari peralatan untuk studio home recording. Mixer menangani seluruh input Anda (seperti mikrofon, gitar, dan keyboard), memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan setiap Input, dan rute output ke Audio Interface Anda dan ke komputer Anda.

Fungsi dasar pada mixer yang murah biasanya akan cukup untuk kebutuhan home recording. Setidaknya, pastikan masing-masing saluran pada mixer Anda mencakup penyesuaian untuk panning, volume, dan 3-band equaliser. Empat channel akan lebih dari cukup untuk home recording. Merek populer untuk mixer entry-level adalah Behringer, Alesis, dan Yamaha.

Studio Monitors Dan Head Phone

Speaker yang Anda gunakan untuk mendengarkan mix Anda selama editing disebut studio monitor (kadang-kadang disebut sebagai reference speakers). Studio monitor berbeda dari speaker multimedia karena mereka dimaksudkan untuk memberikan respon frekuensi yang datar sempurna. Ini berarti bahwa Anda mendengar rekaman Anda persis seperti yang ada secara digital, tanpa penyesuaian frekuensi.

Ketika memilih studio monitor, pastikan untuk mencari model “near-field”. Ini dirancang untuk didengarkan dari sekitar jarak satu meter (1 m), sehingga menghilangkan efek karena akustik ruangan Anda. Di samping atau di posisi monitor, Anda dapat membeli satu set headphone. Headphone memberikan keuntungan menjadi lebih murah, lebih kecil, dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengganggu tetangga atau teman serumah. Headphone dapat digunakan bersama dengan monitor studio untuk menilai komponen-volume rendah sangat rekaman Anda. Tidak perlu headphone yang mahal, cukup yang standart aja yang penting suara bisa didengar.

Instrumen

Instrumen berupa gitar, bass, keyboard. Jika Anda hanya ingin sekedar merekam live music saja, keyboard digital mungkin tidak diperlukan. Tujuan utama menggunakan keyboard untuk bermain instrumen synthesized dan sampel. Jika Anda berencana untuk menambahkan suara musik Anda yang dihasilkan oleh software, Anda akan memerlukan keyboard ini. Saran saya pakai aja merek keyboard cassio atau yamaha yang kualitasnya menurut saya pribadi sudah mumpuni.

Berikut video tentang Membuat Home Recording Studio

Peralatan tambahan mungkin diperlukan tergantung pada kebutuhan rekaman Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan “soft-synth” instrumen termasuk dengan software perekam Anda, misalnya, Anda akan memerlukan Interface MIDI. Semoga artikel “Peralatan Yang Digunakan Untuk Membuat Home Recording” ini bermanfaat.

4 thoughts on “Peralatan Yang Digunakan Untuk Membuat Home Recording Studio

  1. kalau saya mau tahu, bagaimana menggunakan masing masing alat tersebut, dimana bisa say pelajari, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat studio rekaman video animasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *